Jumat, 07 Desember 2012

Rahasia Kode BlackBerry

1. * # 0 6 #.Kode ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui no IMEI ponsel. Tak hanya berfungsi bagi perangkat BB, kode ini berlaku universal pada perangkat GSM. Artinya, Anda bisa menggunakan kode ini pada semua ponsel yg berbasis GSM.
IMEI sendiri merupakan rangkaian 15 kode unik yg berfungsi sebagai identitas ponsel. Kode ini berguna ketika Anda ingin mencocokkan IMEI ponsel dgn yg tertera pada box penjualan misalnya.
Utk tipe BB tanpa keyboard atau full touchscreen seperti BB Curve 9380(Orlando), 9860(Monza) dan 9850(Monaco). Anda hanya perlu menekan tombol call utk menuju fitur telepon atau pilih Phone dari menu utama kemudian masukkan kode tsb.

2. ALT + N M L L (tidak perlu mengetikkan dalam huruf kapital/menahan tombol shift)
Shortcut ini bisa digunakan utk mengubah tampilan indikator sinyal dari grafis batang (bar graph) menjadi tampilan angka dgb besaran decibel.
Utk tipe BB dgn metode input SureType seperti keluarga Pearl (8100, 8110, 8120, 8130, 9100) dan Pearl Flip (8220, 8230), yg harus dilakukan adalah menahan tombol ALT dan ketik NNMLL (tambahan huruf N diperlukan karena huruf tsb berbagi tombol dgn huruf B)
Utk mengembalikannya seperti semula, Anda cukup memasukkan kode tsb.

3. ALT + shift +H
Kode ini berfungsi utk memunculkan Help Screen. Tampilan ini mengandung byk info penting diantaranya versi sistem operasi yg digunakan, PIN, IMEI, durasi sejak BB terakhir kali diaktifkan, kekuatan sinyal, daya baterai, kapasitas ruang penyimpanan yg bisa digunakan, dan total kapasitas memori ponsel.
Utk tipe BB tanpa keyboard atau full touchscreen seperti BB Curve 9380 (Orlando), 9860 (Monza) dan 9850 (Monaco), yg harus dilakukan adalah tahan tombol Back, lalu sentuh layar dibagian atas kiri- atas kanan- atas kiri- atas kanan

4. ALT + Shift Kanan + DEL
Kode ini bisa digunakan sbg alternatif utk melakukan reset pada BB, disamping melakukannya dgn mencabut baterai. Cara ini tentu lebih mudah dan sederhana utk dilakukan.
Trik ini akan sangat membantu saat BB hang atau saat Anda terjebak pada tampilan jam pasir yg tidak kunjung selesai. Melakukan reset pada BB juga bisa menjadi salah satu cara utk mengembalikan performanya ketika dirasa melambat. Karena dgn me-reset BB, sistem secara otomatis akan mematikan sejumlah aplikasi yg berjalan pada background dan memakan ruang pada memori RAM.

5. ALT+RBVS
Kode ini akan berfungsi ketika Anda berada pada fitur browser dan berfungsi utk menampilkan Source Code dari halaman situs yg sedang dibuka.
Dalam ilmu komputer, source code atau kode program adalah suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yg ditulis dlm bahasa pemrograman komputer yg terbaca manusia.

6. ALT + L G L G
Kode yg satu ini berfungsi utk memunculkan tampilan Event Log. Layar akan menampilkan sejumlah proses yg sedang berjalan pada sistem. Tanpa keyboard fisik pun Anda bisa memunculkan tampilan event log seperti pada tipe BB full touchscreen semisal BB Curve 9380(Orlando), 9860(Monza) dan 9850 (Monaco) yaitu dgn cara pilih ikon Universal Search yg terletak di bagian kanan-atas homescreen, tepat di bawah indikator sinyal. Ketika pilihan berada pada search bar, keyboard virtual secara otomatis akan tertampil. Tekan tombol symbol/angka tepat di sudut kiri bawah layar. Ketik / / (tanda petik, garis miring, tanda petik, garis miring) kemudian event log pun akan tertampil pada layar.
Dan utk membebaskan RAM ketika performa BB terasa melambat, salah satu hal yg umum dilakukan adalah dgn membersihkan event log dgn cara menekan tombol menu dan pilih Clear Log> Delete.

7. LOLO
Kode ini berjalan pada tampilan pengaturan tanggal dan waktu (date and time) yg tersedia pada menu Options> Display> Date and Time.
Setelah mengetikkan kode, di bagian paling bawah tampilan pengaturan tanggal dan waktu Anda akan menemukan informasi tanggal dan waktu yg disediakan oleh jaringan.

8. BUYR
Kode ini diketikkan pada tampilan Status yg bisa diakses melalui menu Option> Status. Ketika kode ini dimasukkan, layar akan menampilkan sejumlah informasi tambahan ttg besaran transaksi data yg telah dilakukan ponsel serta akumulasi waktu yg telah digunakan utk melakukan pangilan suara yg masuk ataupun keluar.
Kedua informasi tsb berfungsi ketika Anda misalnya membeli sebuah BlackBerry baru, kedua informasi tsb tentu seharusnya menunjukkan angka nol, atau setidaknya tidak jauh dari itu. Pada tipe BB yg menjalankan OS 7, tampilan status ada pada pilihan Options> Device> Device and Status Information.
Pada versi ini tersedia pula informasi tambahan ttg kapan BB tsb pertama kali diaktifkan.
Utk tipe BB tanpa keyboard atau full touchscreen seperti BB Curve 9380(Orlando), 9860(Monza) dan 9850(Monaco) setelah berada pada tampilan Status, tekan tombol menu> Show Keyboard utk dapat mengetikkan kode diatas.

9. TEST
Kode ini berguna ketika Anda merasakan ada masalah dgn BB Anda terutama jika masalah yg dimaksud berhubungan dgn perangkat keras (hardware).
Seperti kode sebelumnya kode ini berjalan pada tampilan Status yg bisa diakses melalui menu Option> Status atau Options> Device> Device and Status Information jika Anda menggunakan BlackBerry OS 7.
Kode ini berfungsi utk menjalankan mode Device Self Test Application, yg akan menjalankan sejumlah test pada ponsel utk memeriksa apakah terjadi kerusakan.
Kode ini memiliki pilihan untuk memeriksa hardware(keyboard, trackball/trackpad, layar sentuh, kamera, SD card) Audio (handset, headset dan Bluetooth) serta jaringan Komponen RF, konektifitas ke jaringan, GPS). Setelah melakukan pilihan bagian apa saja yg ingin diperiksa, sistem akan menuntun Anda menjalani test. Ketika melakukan pemeriksaan pada keyboard misalnya, Anda di minta utk menekan tombol apapun pada keyboard. Dan dilayar akan muncul karakter tombol yg ditekan.
Atau ketika Anda melakukan pengujian trackball/trackpad, layar akan menampilkan arah yg sesuai dgn arah Anda mengelusnya.

1 komentar: